1 year ago

Syarat dan Ketentuan Aplikasi Bangbeli

Berita
Posted by : Admin

SYARAT DAN KETENTUAN APLIKASI BANGBELI

(Diperbaharui pada November 2022)

 

Pengguna diwajibkan untuk membaca seluruh Syarat dan Ketentuan ini dengan saksama, dan dapat menghubungi Bangbeli jika memiliki pertanyaan.

Syarat dan Ketentuan ini mengatur pemakaian dan akses Pengguna terhadap aplikasi, website, konten dan produk- produk yang disediakan oleh Bangbeli, beserta jasa-jasa pembayaran yang disediakan oleh Bangbeli. Dengan mengakses atau menggunakan aplikasi layanan Bangbeli, Pengguna setuju dan mengikatkan diri untuk mematuhi “Syarat dan Ketentuan Aplikasi Bangbeli” (selanjutnya disebut “Syarat dan Ketentuan") serta “Kebijakan Privasi” yang tertera pada halaman yang berbeda.

I. Definisi

  1. Aplikasi Bangbeli adalah layanan sistem pembayaran digital untuk pembelian produk PPOB seperti pulsa, paket data, voucher, token PLN dan pembayaran digital lainnya dan sosial commerce untuk segala transaksi barang FMCG. Bangbeli diselenggarakan oleh PT Doa Anak Digital yang merupakan pemegang lisensi resmi dan telah memperoleh izin dari Kementrian Komunikasi dan Informatika.

  2. Terdapat 3 jenis pengguna pada aplikasi Bangbeli yaitu pengguna reguler, pengguna reguler terverifikasi, dan pengguna premium.

  3. Akun Bangbeli adalah seluruh akun yang terdaftar pada aplikasi Bangbeli oleh Pengguna dan dikuasai oleh Pengguna untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan Bangbeli.

  4. Pengguna Premium atau Akun Bangbeli Premium adalah Akun Bangbeli yang dimiliki oleh Pengguna Terverifikasi.

  5. Pengguna atau Pengguna Bangbeli adalah setiap orang yang terdaftar sebagai pemilik Akun Bangbeli dan/atau Akun Bangbeli Premium serta pemilik Saldo Bangbeli sebagaimana  tercatat pada Bangbeli.

  6. Pengguna Tidak Terverifikasi atau Pengguna Bangbeli Tidak Terverifikasi adalah Pengguna Bangbeli yang belum atau tidak menyelesaikan syarat verifikasi.

  7. Pengguna Terverifikasi atau Pengguna Bangbeli Terverifikasi adalah Pengguna yang telah menyelesaikan syarat verifikasi dengan cara mengunggah foto wajah dan KTP pada akun Pengguna Bangbeli.

  8. Saldo Bangbeli adalah jumlah uang elektronik yang tercatat dan tersimpan di Bangbeli. Dan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi dengan menggunakan Bangbeli.

  9. Nomor Ponsel adalah nomor telepon seluler (handphone) atau ponsel pintar (smartphone) yang didaftarkan oleh Pengguna untuk mengakses layanan Bangbeli.

  10. Perangkat Telekomunikasi adalah telepon genggam atau telepon seluler (ponsel, handphone), atau ponsel pintar, komputer pribadi berbentuk tablet atau perangkat telekomunikasi lainnya dan menggunakan Sistem Operasi Android ataupun sistem operasi lain yang akan ada di masa mendatang, yang teknologinya mendukung layanan Bangbeli.

  11. Transaksi adalah seluruh transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna menggunakan Bangbeli, baik di dalam wilayah Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia (sebagaimana relevan), baik yang telah tersedia melalui fitur-fitur pada aplikasi Bangbeli, maupun transaksi yang akan dikembangkan di masa yang akan datang.

  12. Agen adalah Pengguna Bangbeli yang telah terdaftar dengan beberapa persyaratan yang telah di setujui kedua belah pihak.

  13. Promosi atau Promo merupakan penawaran manfaat promosi dan/atau insentif atas penggunaan fitur dan layanan pada aplikasi Bangbeli yang memiliki syarat dan ketentuan khusus terhadap penawaran manfaat promosi dan/atau insentif tersebut. Penentuan jenis dan syarat Promosi merupakan kewenangan mutlak Bangbeli. Informasi, syarat dan ketentuan terkait setiap program promosi dan/atau insentif akan disediakan melalui media yang dapat diakses dengan mudah oleh Pengguna.

Bangbeli berhak menghentikan atau membatalkan program promosi dan/atau insentif apabila:

  1. terdapat pembatalan terdapat transaksi yang dilakukan oleh Pengguna

  2. terdapat tindakan penyalahgunaan promosi/promo (abusive)

  3. terdapat tindakan kecurangan terhadap promosi/promo (fraudulent) dan/atau 

  4. ditemukan aktivitas mencurigakan lainnya

II. Ketentuan Umum

  1. Bangbeli baru dapat digunakan setelah Pengguna menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi pada aplikasi Bangbeli, serta melakukan aktivasi atau pendaftaran dengan menggunakan Nomor Ponsel (Handphone) serta memberikan informasi yang dibutuhkan.

  2. Setiap Nomor Ponsel (Handphone) hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali pendaftaran Bangbeli.

  3. Pengguna dapat melakukan Transaksi apapun apabila memiliki Saldo Bangbeli yang mencukupi. 

  4. Bangbeli dapat melakukan penundaan atau penolakan Transaksi apabila sistem keamanan Bangbeli menganggap bahwa Transaksi yang dilakukan tidak wajar untuk alasan keamanan. Status terhadap transaksi Pengguna akan diinformasikan secara langsung kepada Pengguna melalui halaman transaksi pada Akun Bangbeli. 

III. Informasi Yang Dikumpulkan

  1. Jenis informasi yang dikumpulkan

“Informasi Pribadi” berarti informasi yang mengidentifikasi atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut. Informasi Pribadi termasuk, namun tidak terbatas pada, nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat email, rekening bank dan rincian kartu kredit, jenis kelamin, identifikasi (termasuk paspor atau dokumen identitas nasional) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan pemerintah, informasi kendaraan, foto, kewarganegaraan, nomor telepon Pengguna dan non-Pengguna di daftar kontak telepon seluler anda, data kesehatan, informasi terkait keuangan, dan informasi biometrik (termasuk namun tidak terbatas pada pengenalan wajah). Selain itu, sejauh informasi lain, termasuk profil pribadi, dan/atau pengenal unik, dikaitkan atau digabungkan dengan Informasi Pribadi, maka informasi tersebut juga merupakan Informasi Pribadi.

Sepanjang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, kami dapat mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mentransfer jenis-jenis berbeda dari Informasi Pribadi tentang anda yang telah kami kategorikan sebagai berikut:

  1. Data Identitas termasuk nama, nama Pengguna, kartu tanda penduduk atau pengenal lainnya, email, alamat, tanggal kelahiran, jenis kelamin, tempat kelahiran, pekerjaan, kebangsaan, foto dan/atau data biometrik.

  2. Data Kontak termasuk alamat tempat tinggal, alamat (-alamat) email, nomor telepon dan daftar kontak yang ada diponsel pengguna.

  3. Data Transaksi mencakup pembelian atau pesanan yang anda lakukan, minat, preferensi, masukan, dan tanggapan survei anda, sehubungan dengan Pengguna, jenis layanan yang dicari, perincian mengenai pengambilan dan/atau pengiriman; dan dalam kaitannya dengan Penyedia Layanan, jenis layanan yang dapat diterima pada saat itu.

  4. Data Pembayaran meliputi rincian pembayaran atau transfer yang dilakukan melalui metode pembayaran yang tersedia pada aplikasi Bangbeli atau menggunakan Saldo Akun Bangbeli seperti informasi yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran, rincian penerima (termasuk rincian rekening mereka), jumlah pembayaran yang dibayarkan, rincian tagihan, dan rincian faktur.

  5. Data Teknis mencakup rincian tentang penggunaan anda atas Aplikasi kami seperti alamat protokol internet (IP), informasi sebagai halaman web yang dilihat sebelumnya atau sesudahnya, durasi setiap kunjungan/sesi, identitas (ID) perangkat internet atau alamat kontrol akses media, ID periklanan dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan sistem operasi perangkat yang anda gunakan untuk mengakses Aplikasi dan crash logs.

  6. Data Lokasi mencakup informasi lokasi geografis waktu-nyata (real-time) anda.

Kami dapat membuat, menggunakan, melisensikan, atau mengungkapkan Data Gabungan seperti data statistik atau demografi untuk tujuan apa pun. Data Gabungan dapat berasal dari Informasi Pribadi anda tetapi tidak akan dianggap sebagai Informasi Pribadi karena data ini tidak akan secara langsung atau tidak langsung mengungkapkan identitas anda karena kami akan memastikan: (i) bahwa semua pengenal telah dihapus sedemikian rupa sehingga data, sendiri atau bersama-sama dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi siapa pun, dan (ii) data tersebut kemudian digabungkan dengan data serupa sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar.

  1. Bagaimana Kami Mengumpulkan Informasi Pribadi Anda

Informasi Pribadi yang kami kumpulkan dapat diberikan oleh anda secara langsung atau oleh pihak ketiga (misalnya: ketika anda mendaftar atau menggunakan Aplikasi, ketika anda menghubungi layanan pelanggan kami, atau sebaliknya ketika anda menyediakan Informasi Pribadi kepada kami). Kami dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai macam bentuk dan tujuan (termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku).

  1. Informasi yang kami kumpulkan dari anda atau perangkat seluler anda secara langsung

Anda dapat memberikan kepada kami Data Identitas, Kontak, Kelayakan, Profil, Keuangan dan Pembayaran, termasuk dalam keadaan dimana hal tersebut diminta oleh kami atau dalam keadaan diharuskan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, saat berinteraksi dengan kami secara langsung atau berkorespondensi dengan kami melalui surat, email atau lainnya. Hal ini termasuk Informasi Pribadi yang anda sediakan ketika anda:

  1. mendaftar dan membuat sebuah Akun dengan bangbeli menggunakan Aplikasi;

  2. menggunakan Aplikasi, termasuk jika anda mendaftar sebagai Pengguna layanan Bangbeli;

  3. menggunakan fasilitas metode pembayaran apapun yang kami sediakan;

  4. mendaftar sebagai pemilik akun terdaftar atau terverifikasi hingga preimum akun;

  5. memberikan masukan atau menghubungi kami.

IV. Penggunaan Informasi Pribadi

  1. Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Pribadi Anda

Kami dapat menggunakan Informasi Pribadi yang dikumpulkan untuk tujuan sebagai berikut maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku ("Tujuan"):

Jika anda adalah Pengguna, kami dapat menggunakan Informasi Pribadi anda:

  1. untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan anda sebagai Pengguna dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun anda;

  2. untuk memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan kami diperlukan sebelum Penyedia Layanan menyediakan layanan kepada anda atau sebelum kami mendaftarkan anda sebagai Pengguna, termasuk melakukan proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer - KYC) dan penilaian kredit (credit scoring) (sebagaimana berlaku);

  3. untuk memungkinkan Penyedia Layanan untuk menyediakan layanan yang anda minta;

  4. untuk mengolah dan memfasilitasi pesanan dan transaksi pembayaran yang anda lakukan, termasuk sebagaimana berlaku, transaksi yang dilakukan melalui kartu pembayaran atau rekening yang tersedia pada Aplikasi;

  5. untuk memberitahu anda atas transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam Aplikasi atau sistem lain yang terhubung dengan Aplikasi kami;

  6. untuk berkomunikasi dengan anda dan mengirimkan anda informasi sehubungan dengan penggunaan Aplikasi;

  7. untuk memberitahu anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;

  8. untuk mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari anda;

  9. untuk melakukan pemeliharaan, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi anda sebagai Pengguna;

  10. untuk memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Aplikasi;

  11. untuk memproses dan mengelola reward points anda (sebagaimana berlaku);

  12. untuk menawarkan atau menyediakan layanan dari afiliasi atau mitra kami (sebagaimana berlaku); dan

  13. untuk mengirimkan anda komunikasi pemasaran, iklan, voucher, survei, dan informasi secara langsung atau terfokus, dan informasi tentang penawaran atau promosi khusus.

V. Aktivasi Akun

Pengguna Bangbeli dapat membuka akun Bangbeli pertama kali dengan cara:

  1. Mengunduh aplikasi Bangbeli secara langsung melalui Perangkat Telekomunikasi yang dimiliki sebagaimana yang tersedia di Google Playstore (untuk Android) dan melakukan instalasi Bangbeli pada Perangkat Telekomunikasi;

  2. Setelah melakukan instalasi Bangbeli pada Perangkat Telekomunikasi, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan mengikuti petunjuk dan menyediakan informasi, antara lain:

a. Nama akun dari Pengguna

b. PIN (6 angka) yang dipilih sendiri oleh Pengguna

  1. Dalam meningkatkan penggunaan, Pengguna diminta untuk memverifikasi akunnya dengan cara foto KTP dan selfie dengan KTP dan juga mengisi data yang di perlukan seperti alamat dan sebagainya.

  2. Apabila Pengguna bermaksud meningkatkan status Akun Bangbeli Pengguna menjadi menjadi Akun Premium, maka Pengguna akan diminta dan bersedia untuk membayar sejumlah Rp. 93.000,00 dengan syarat akun sudah terverifikasi

  3. Seluruh data atau informasi yang Pengguna kirimkan untuk pendaftaran akan disimpan oleh Bangbeli dalam rangka melakukan verifikasi terhadap permintaan Akun Premium dari Pengguna.

  4. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Pengguna merupakan kewenangan mutlak Bangbeli dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Bangbeli dapat, menunda, menolak atau membatalkan persetujuan atas permohonan verifikasi Pengguna apabila ditemukan adanya antara lain:

  1. Penyalahgunaan identitas Pengguna 

  2. Identitas yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Status verifikasi Pengguna dan keperluan kelengkapan dokumen lainnya untuk tujuan verifikasi akan diinformasikan kepada Pengguna melalui halaman Akun Bangbeli.

  3. Pengguna wajib menjamin kebenaran dan keakuratan seluruh data dan informasi yang disampaikan Pengguna dalam rangka aktivasi akun Bangbeli maupun verifikasi Akun Premium Bangbeli. Pengguna bertanggung jawab secara penuh apabila di kemudian hari ditemukan bahwa terdapat data dan informasi yang disampaikan Pengguna yang tidak akurat, salah, dan/atau palsu.

  4. Dengan melakukan aktivasi akun Bangbeli dan/atau verifikasi Akun Premium Bangbeli, Pengguna mengerti dan menyetujui untuk memberikan akses kepada Bangbeli terhadap kontak nomor handphone pada perangkat elektronik Pengguna untuk digunakan sehubungan dengan aktivitas pada Aplikasi Bangbeli yaitu fitur Kirim Saldo, pembelian pulsa serta fitur lainnya.

VI. PIN dan OTP

Dalam hal otentikasi dan/atau verifikasi, Bangbeli memiliki 2 metode yaitu melalui PIN dan OTP.

  1. PIN (Personal Identification Number)

i. PIN adalah nomor identifikasi pribadi yang dibuat dan ditentukan oleh Pengguna pada saat Pengguna melakukan aktivasi Bangbeli untuk melakukan verifikasi identitas Pengguna dalam sistem keamanan Bangbeli.

ii. Pengguna akan diminta memasukan PIN untuk memverifikasi suatu pembayaran tertentu dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu, sebagaimana ditentukan berdasarkan diskresi Bangbeli, untuk memastikan keabsahan atau melakukan verifikasi bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh Pengguna.

iii. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaan PIN. Kerugian yang timbul akibat kegagalan/kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan kode PIN merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya. Setiap pengiriman PIN yang diverifikasi dari akun Bangbeli milik Pengguna akan dianggap sebagai Transaksi dan/atau aktivitas yang sah dari Pengguna, dan oleh karenanya akan mengikat dan memiliki akibat hukum terhadap Pengguna yang bersangkutan.

iv. Kecuali ditentukan lain, PIN dapat diubah dengan metode atau sarana otentikasi lainnya yang disediakan oleh Bangbeli atau oleh pihak lain yang bekerjasama dengan Bangbeli dimana metode atau sarana otentikasi tersebut telah mendapat persetujuan dari Bangbeli.

v. Pengguna setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait bila mengungkapkan PIN kepada pihak ketiga manapun dan akan sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi apapun yang timbul dari dan terkait dengan hal tersebut.

vi. Pihak Bangbeli tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta Pengguna memberitahukan PIN kepada Bangbeli.

  1. OTP (Kode Sandi Sekali Pakai / One Time Password)

i. OTP (Kode Sandi Sekali Pakai / One Time Password) adalah kode sandi yang dikirim melalui layanan WhatsApp Chat ke nomor telepon Pengguna yang terdaftar pada aplikasi Bangbeli, yang berfungsi untuk melakukan verifikasi atas aktivasi masuk atau tindakan tertentu yang dilakukan melalui Bangbeli.

ii. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan OTP dan bertanggung jawab sepenuhnya atas data diri, informasi, maupun keamanan dan ketersediaan serta penguasaan atas Perangkat Telekomunikasi serta Nomor Ponsel (Handphone) yang digunakan untuk menerima kode OTP. Kerugian yang timbul akibat kegagalan/kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan OTP merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya. Setiap kode OTP yang berhasil terverifikasi dari akun Bangbeli akan dianggap sebagai Transaksi dan/atau aktivitas yang sah dari Pengguna, dari dan oleh karenanya akan mengikat dan memiliki akibat hukum terhadap Pengguna yang bersangkutan.

iii. Pengguna setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait bila mengungkapkan kode OTP kepada pihak ketiga manapun dan untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal tersebut.

iv. Pihak Bangbeli tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta Pengguna memberitahukan OTP kepada Bangbeli.

VII. Transaksi Top Up (Isi Saldo)           

Transaksi top up adalah transaksi pengisian Saldo Bangbeli.

  1. Terdapat beberapa metode untuk Transaksi top up sebagai berikut:

    1. Anjungan Tunai Mandiri (ATM);

    2. Fitur Debit Langsung (Direct Debit);

    3. Internet Banking;

    4. SMS Banking; dan

    5. Agen; dengan cara mengirim saldo ke downline atau teman yang terikat dengan kode referal agen. 

Panduan bertransaksi top up dengan metode di atas dapat diakses dengan mengklik menu “Top Up/Isi Saldo” pada aplikasi Bangbeli.

  1. Bangbeli tidak menyimpan informasi yang digunakan Pengguna dalam melakukan transaksi top up sehubungan dengan kata sandi (password) atau token atau kode keamanan lain dalam bentuk apapun, baik sementara atau permanen ke dalam sistem Bangbeli. Proses validasi transaksi yang dilakukan melalui Bank atau penyelenggara transaksi akan langsung dilakukan oleh pihak Bank atau penyelenggara transaksi yang bersangkutan.

  2. Proses Transaksi top up melalui Bank menggunakan metode-metode di atas, akan diambilalih oleh dan diproses melalui sistem perbankan. Aplikasi Bangbeli hanya akan meneruskan status Transaksi “Berhasil” atau “Gagal” dari Bank.

  3. Dalam hal Transaksi top up dinyatakan “Berhasil” maka saldo Pengguna di rekening pada Bank yang bersangkutan otomatis akan berkurang sedangkan Saldo Bangbeli akan bertambah untuk jumlah yang sesuai. Apabila Saldo Bangbeli belum bertambah maka Pengguna dapat menghubungi Bangbeli melalui Layanan Pengguna (Customer Service).

  4. Pengguna memahami bahwa Transaksi top up yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu diluar kendali Bangbeli. Bangbeli akan berusaha secara wajar untuk menyelesaikan gangguan dengan kanal pihak ketiga.

  5. Biaya yang dibebankan kepada Pengguna Bangbeli adalah kode unik sebagaimana tunduk pada biaya jasa yang berlaku. Bangbeli akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku tersebut pada halaman konfirmasi transaksi kepada Pengguna.

  6. Transaksi top up akan otomatis dibatalkan apabila tidak ada pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan.

VIII. Fitur Aplikasi Bangbeli

  1. Izinkan Akses Kontak

Proses untuk melihat dan menginput kontak secara otomatis dari aplikasi Bangbeli agar mempermudah Pengguna dalam bertransaksi.

  1. PPOB (Pulsa, Paket Data, Voucher, Token PLN, dan lainnya)

i. Pembelian isi ulang pulsa operator telekomunikasi atau operator lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi Bangbeli dengan denominasi yang tersedia atau sesuai petunjuk yang ditampilkan dalam aplikasi Bangbeli.

ii. Pembayaran tagihan pasca bayar atau tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, tagihan air, tagihan berlangganan internet, tagihan telkom, dan tagihan rutin lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi Bangbeli.

iii. Bangbeli tidak bertanggung jawab atas kerugian akibat kesalahan/kelalaian Pengguna dalam menginput rincian informasi, nominal dan data pembayaran.

  1. Saldo Bangbeli

i. Terhadap Saldo Bangbeli tidak berlaku perhitungan bunga, sehingga Pengguna tidak akan memperoleh bunga dalam bentuk apapun. Saldo Bangbeli bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Perbankan dan Undang-Undang tentang Perbankan Syariah dan tidak akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.

ii. Pengguna dapat memeriksa Saldo Bangbeli melalui aplikasi Bangbeli atau sarana lainnya termasuk sarana yang disediakan oleh pihak ketiga yang terhubung dengan layanan Bangbeli.

iii. Saldo Bangbeli hanya dapat digunakan untuk melakukan Transaksi melalui aplikasi Bangbeli. Bangbeli tidak akan menggunakan saldo untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban Bangbeli kepada Pengguna dan merchant.

iv. Saldo Bangbeli dapat digunakan atau ditransaksikan seluruhnya sampai bersaldo nihil.

  1. Mutasi Saldo

Pengguna dapat melakukan pengecekan atas detil perubahan jumlah saldo di laman mutasi saldo pada aplikasi Bangbeli.

  1. Riwayat Transaksi

Pengguna dapat melakukan pengecekan atas detil pembayaran yang berhasil atas tagihannya di laman riwayat transaksi pada aplikasi Bangbeli.

  1. Kode Referral

i. Kode Referral adalah fitur dimana Pengguna dapat memberikan referensi kepada calon Pengguna lain maupun relasi Pengguna untuk melakukan registrasi aplikasi Bangbeli dengan cara membagikan link atau kode referral.

ii. Fitur Kode Referral dari Bangbeli merupakan bentuk promosi yang diberikan dengan kebijakan yang bervariasi dari waktu ke waktu. Pengguna memahami bahwa tiap kegiatan promosi memiliki syarat dan ketentuan berlaku.

iii. Pengguna bisa mengakses reward dari setiap kode referral yang berhasil digunakan oleh teman Pengguna berupa cashback atau bentuk hadiah lainnya yang diberikan oleh Bangbeli kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan promosi yang berlaku.

iv. Pengguna dapat menggunakan reward tersebut pada aplikasi Bangbeli yang ditentukan oleh Bangbeli sesuai dengan kebijakan promosi yang berlaku saat itu.

v. Bangbeli berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan antara lain menghentikan, membatalkan program promosi, menganulir promo, apabila diduga adanya tindakan kecurangan atau penyalahgunaan promosi dari Pengguna. 

vi. Bangbeli berhak untuk meminta identitas KTP dan foto, sewaktu-waktu jika diperlukan, untuk proses verifikasi terhadap Pengguna.

vii. Kode referral terdiri dari 5 huruf acak, yang di acak otomatis oleh sistem Bangbeli.

IX. Jangka Waktu

Akun Bangbeli milik Pengguna akan berlaku selama akun tersebut tidak ditutup secara permanen, baik oleh Pengguna maupun oleh Bangbeli.

X. Biaya-Biaya Layanan Bangbeli

  1. Biaya-biaya dalam penggunaan fitur-fitur Bangbeli, yang ditetapkan oleh Bangbeli, Bank, Agen, maupun oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bangbeli, akan dipotong secara langsung dari Saldo Bangbeli Pengguna dengan pemberitahuan terlebih dahulu. Bangbeli dapat memberlakukan promosi bebas biaya dengan kuota dan masa periode tertentu. Perubahan tersebut akan diinformasikan melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Bangbeli.

  2. Sehubungan dengan instrumen pembayaran yang dapat disimpan pada dan digunakan melalui aplikasi Bangbeli, Bangbeli dapat menetapkan biaya pemrosesan transaksi pembayaran menggunakan instrumen pembayaran yang diterbitkan pihak lain, baik kartu debit, kartu kredit maupun uang elektronik selain Bangbeli.

  3. Bank maupun institusi penerbit instrumen pembayaran lain yang bekerja sama dengan Bangbeli dapat mengenakan biaya untuk setiap Transaksi melalui dompet elektronik Bangbeli sesuai kebijakan Bank penerbit instrumen pembayaran terkait.

IX. Perlindungan Bangbeli atas Transaksi Tidak Sah

  1. Perlindungan Bangbeli merupakan suatu bentuk perlindungan yang diberikan oleh Bangbeli kepada Pengguna Terverifikasi untuk melindungi dari transaksi tidak sah yang diakibatkan oleh pengambilalihan akun (account take over/”ATO”).

  2. Pengguna Terverifikasi harus terlebih dahulu mengikuti prosedur dan tahapan yang ditetapkan oleh Bangbeli untuk dapat melakukan klaim Perlindungan Bangbeli.

  3. Bentuk-bentuk ATO yang diakui oleh Bangbeli adalah:

i. kehilangan perangkat telekomunikasi Pengguna Bangbeli yang menyebabkan Akun Bangbeli tidak dapat diakses oleh Pengguna. Terbatas pada 1 kali kejadian/terhadap laporan kehilangan yang pertama;

ii. serangan brute force atau tindakan peretasan Akun Bangbeli tanpa izin dengan menggunakan sistem atau perangkat tertentu; atau

  1. Perlindungan Bangbeli tidak mencakup keadaan berikut:

i. Kasus kelalaian/penipuan Pengguna di luar bentuk ATO yang diakui Bangbeli;

ii. Pengguna yang diduga melakukan klaim palsu dan/ penipuan;

iii. Malware dalam alat Pengguna;

iv. Transaksi pada perangkat/lingkungan terpercaya;

v. Sistem pihak ke-3 yang dipengaruhi oleh peretasan/ malfungsi/ downtime, force majeure.

  1. Perlindungan Bangbeli berlaku untuk Saldo Bangbeli atau kartu yang disimpan dalam Akun Bangbeli baik berupa kartu kredit atau kartu debit.

  2. Untuk melakukan klaim Perlindungan Bangbeli, Pengguna Terverifikasi harus memberitahukan Bangbeli dalam waktu 7 hari kalender sejak terjadinya ATO/ potensi ATO melalui jalur pengaduan resmi Layanan Pengguna (Customer Service) Bangbeli. Kegagalan Pengguna memberikan pemberitahuan sesuai kurun waktu yang ditentukan akan mengakibatkan Perlindungan Bangbeli tidak dapat diproses.

  3. Pengguna wajib menyediakan informasi untuk keperluan investigasi sebagaimana diminta oleh Bangbeli secara tertulis. Kegagalan untuk menyediakan info/dokumentasi yang diminta Bangbeli akan mengakibatkan Perlindungan Bangbeli tidak dapat diproses.

  4. Khusus bagi nilai kerugian akibat ATO mulai dari Rp2.500.000 (dua juta lima ratus Rupiah), harus disertai dengan laporan pengaduan Kepolisian kepada Bangbeli; Kehilangan perangkat telekomunikasi Pengguna Bangbeli yang menyebabkan Akun Bangbeli tidak dapat diakses oleh Pengguna, harus disertai juga dengan laporan pengaduan Kepolisian.

  5. Perlindungan Bangbeli memberikan penggantian sesuai jumlah kerugian Pengguna Terverifikasi dengan nominal maksimal   Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) per Pengguna Terverifikasi;

  6. Kebijakan dan keputusan mengenai Perlindungan Bangbeli, persyaratan, pengecualian dan jenis ATO dalam Perlindungan Bangbeli, sumber dana yang termasuk dalam Perlindungan Bangbeli, serta nominal penggantian, adalah mutlak kewenangan Bangbeli. Kebijakan Bangbeli dalam Perlindungan Bangbeli diberikan dengan tidak mengesampingkan kewajiban Pengguna untuk menjaga segala bentuk informasi pribadi, yaitu informasi sensitif berupa nama, tanggal lahir, nomor handphone terdaftar atau nomor handphone alternatif lainnya, PIN, OTP atau informasi verifikasi lainnya, nomor kartu yang disimpan dalam Akun Bangbeli (maupun yang tidak disimpan dalam Akun Bangbeli) sehubungan dengan kepemilikan Akun Pengguna.

  7. Keputusan mengenai Perlindungan Bangbeli merupakan kewenangan Bangbeli yang tidak dapat diganggu gugat.

  8. Kebijakan Perlindungan Bangbeli beserta syarat dan ketentuannya dapat berubah, dan perubahannyaakan diberitahukan kepada Pengguna melalui media yang ditunjuk oleh Bangbeli.

XI. Pemblokiran Akun Bangbeli

  1. Akun Bangbeli dapat diblokir seluruhnya atau terhadap sebagian fitur, sesuai dengan kebijakan Bangbeli, dalam hal:

i. Pengguna mengajukan permintaan resmi, baik karena adanya laporan Pengguna bahwa telepon seluler telah hilang atau telah dicuri atau diretas. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen tambahan sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna.

ii. Dilakukan secara sepihak oleh Bangbeli dikarenakan terdapat suatu indikasi yang merugikan Bangbeli dan/atau indikasi pelanggaran serta ketentuan hukum yang berlaku, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, yaitu:

a. Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang, atau;

b. Apabila Pengguna menggunakan layanan Bangbeli yang menyebabkan terjadinya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Pengguna dan/atau Kebijakan Privasi Bangbeli, atau;

c. Apabila Pengguna memberikan data/ informasi dan keterangan yang tidak benar atau menyesatkan pada saat melakukan pendaftaran atau selama menggunakan Bangbeli, atau;

d. Adanya indikasi penyalahgunaan Bangbeli untuk kegiatan yang   melanggar   hukum  dan   peraturan perundang- undangan yang berlaku, atau;

e. Terbukti membuat akun lebih dari satu dan melakukan aktivitas transaksi yang mencurigakan.

f. Apabila Bangbeli berdasarkan pertimbangan disertai dengan hasil verifikasi dan pemantauan terhadap transaksi dan Akun Pengguna memiliki alasan kuat lainnya.

  1. Aktifasi ulang atas rekening yang diblokir yang disebabkan alasan-alasan sebagaimana dimaksud di bagian 1 di atas merupakan wewenang Bangbeli sepenuhnya dan Bangbeli juga memiliki wewenang penuh untuk menonaktifkan sementara atau secara permanen akses Pengguna terhadap sebagian atau seluruh layanan/fitur Bangbeli.

XII. Penonaktifan Akun Bangbeli

Penonaktifan akun Bangbeli terjadi apabila pengguna menyalahi aturan dan pasal-pasal yang ditetapkan oleh bangbeli ataupun perundang-undangan yang berlaku. Penonaktifan juga bisa terjadi apabila pengguna salah memasukan PIN sebanyak yang telah ditentukan oleh sistem. 

  1.  Cara mengaktifkan kembali

cara mengaktifkan kembali bisa langsung hubungi CS Bangbeli serta melampirkan data yang diperlukan seperti KTP, email yg terdaftar dan foto selfie dengan KTP. 

XIII. Informasi dan Jalur Pengaduan Resmi

Pengguna dapat mengajukan pertanyaan seputar layanan Bangbeli atau menyampaikan keluhan dengan menghubungi Layanan Pengguna (Customer Service) Bangbeli melalui:

·  WhatsApp Chat ke nomor 0899-6610-222;

·  Melalui email ke: [email protected]

Informasi terkait layanan Bangbeli serta promosi yang berlangsung dapat dilihat di aplikasi Bangbeli atau situs: https://bangbeli.id/

XIV. Keadaan Memaksa (Force Majeur) 

Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan oleh Bangbeli tidak akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan apabila hal tersebut disebabkan oleh suatu peristiwa yang berada di luar kendali Bangbeli atau lazim disebut dengan istilah Keadaan Memaksa (Force Majeur) yaitu (a) bencana alam (b) kebakaran, pemogokan buruh, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya (c) tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyediaan layanan telekomunikasi (d) tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Bangbeli tidak dapat memberikan layanan telekomunikasi (e) adanya keputusan dari instansi yang berwenang atau perubahan keputusan dari pemerintah yang berdampak pada pelaksanaan layanan Bangbeli termasuk diantaranya perubahaan pemberlakuan tarif kepada Pengguna dan (f) wabah, epidemi, dan/atau pandemi penyakit. Pengguna setuju untuk melepaskan Bangbeli dari setiap klaim, jika Bangbeli tidak dapat memenuhi instruksi Pengguna melalui akun Bangbeli baik sebagian maupun seluruhnya karena adanya Keadaan Memaksa.

XV. Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi

  1. Bangbeli sangat memperhatikan keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat menggunakan layanan Bangbeli. Oleh karena itu Bangbeli memiliki sistem keamanan ketika Pengguna melakukan transaksi untuk memberikan kepastian kepada Pengguna bahwa Transaksi Pengguna aman dan Informasi serta data pribadi Pengguna disimpan dan dipergunakan sesuai dengan Kebijakan Privasi aplikasi Bangbeli dengan tunduk pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

  2. Bangbeli menggunakan server yang memadai dalam menjaga keamanan informasi rahasia Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif akan dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) dalam keadaan mana data tersebut hanya dapat diakses oleh personil yang memiliki wewenang khusus yang disyaratkan untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi tersebut.

  3. Bangbeli menerapkan langkah-langkah wajar untuk memastikan PIN milik Pengguna tidak diketahui oleh siapapun kecuali oleh Pengguna untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan oleh pihak lain. Dengan demikian, Pengguna bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan PIN milik Pengguna.

  4. Dalam hal Bangbeli memiliki kerjasama dengan pihak ketiga lainnya sehubungan dengan penyediaan akses ke layanan Bangbeli untuk Pengguna melalui sarana pihak ketiga tersebut maka:

i. Bangbeli dapat menampilkan informasi Pengguna dan informasi lain kepada pihak ketiga tersebut untuk tujuan pemeliharaan keamanan sistem.

  1. Bangbeli dapat menggunakan sarana otorisasi yang ditentukan bersama oleh Bangbeli dan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bangbeli.

  2. Bangbeli menjamin bahwa ketentuan pelaksanaan sebagaimana yang dimaksud di bagian i) dan ii) telah memenuhi standar keamanan dan ketentuan Bangbeli serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

XVI. Penyataan dan Jaminan

  1. Pengguna menyatakan    dan      menjamin        bahwa berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku Pengguna merupakan pihak yang cakap untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh Bangbeli.

  2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna pada saat mengakses, melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan Bangbeli, telah berusia sekurang-kurangnya 21 tahun atau kurang dari 21 tahun dan sudah pernah menikah, dan tidak sedang berada dalam pengampuan. Apabila Pengguna berusia kurang dari 21 tahun atau kurang dari 21 tahun dan belum pernah menikah pada saat mengakses, melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan Bangbeli, maka Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari orang tua/wali yang sah dari Pengguna untuk melakukan pendaftaran, dan/atau menggunakan Bangbeli.

  3. Penggunaan atas Akun Bangbeli dan/atau layanan Bangbeli merupakan pengakuan dan persetujuan Pengguna untuk tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan Aplikasi Bangbeli; (ii) syarat dan ketentuan khusus Bangbeli yang bekerja sama dengan penyedia aplikasi pihak ketiga; (iii) syarat dan ketentuan khusus terkait promo; (iv) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi Bangbeli; (v) kebijakan privasi; dan (vi) setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

  4. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna akan menggunakan Bangbeli secara wajar sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini serta peraturan perundang- undangan yang berlaku di Republik Indonesia, serta tidak akan melakukan tindakan apapun yang bertujuan untuk menghindari, menembus, dan/atau memanfaatkan celah sistem keamanan ataupun menyebabkan gangguan dan/atau kerusakan pada sistem Bangbeli, melakukan penyalahgunaan Akun Bangbeli, produk dan fitur-fitur dalam aplikasi Bangbeli, maupun menyebabkan kerugian bagi Bangbeli dan/atau Pengguna lain. Pengguna bertanggungjawab atas segala konsekuensi terhadap pelanggaran ketentuan ini.

  5. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam Transaksi bukanlah dana yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan Akun Bangbeli tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi tidak dilakukan untuk melakukan pembayaran atas Transaksi yang sifatnya atau objeknya melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan Bangbeli dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun apabila Pengguna ternyata melakukan tindak pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

  6. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa pihaknya akan selalu menggunakan Akun Bangbeli dengan aman, menjaga kerahasiaan nomor ID Pengguna miliknya, PIN, OTP, Password dan informasi lainnya yang mungkin akan menyebabkan Akun Bangbeli miliknya disalahgunakan.

  7. Pengguna dengan ini menyatakan bersedia melengkapi seluruh data atau permintaan data atau dokumen tambahan yang diajukan oleh Bangbeli sehubungan dengan adanya penelusuran/pemeriksaan lanjutan atas adanya dugaan transaksi mencurigakan dan/atau terindikasi melanggar Syarat dan Ketentuan atau Ketentuan peraturan perundang-undangan.

  8. Pengguna tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun dan/atau PIN. Pengguna karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun dilarang untuk mengalihkan Rekening Bangbeli kepada orang atau pihak manapun;

  9. Pengguna menyatakan dan menjamin tidak akan dengan alasan apapun meminta kembali setiap dan seluruh data/dokumen yang telah disampaikan kepada Bangbeli dan karenanya Bangbeli berhak menggunakan data dan informasi tersebut sehubungan dengan layanan Transaksi atau terkait urusan administrasi rekening Pengguna pada Bangbeli atau promosi dan program-program pemasaran Bangbeli, kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan;

  10. Pengguna menyatakan dan menjamin akan memperbaharui dan memberitahukan kepada Bangbeli apabila ada perubahan data terkait dengan Pengguna yang telah didaftarkan dan/atau disampaikan kepada Bangbeli;

  11. Dengan melaksanakan Transaksi melalui aplikasi Bangbeli maka Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang diterima oleh Bangbeli akan diperlakukan sebagai bukti otentik meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna tidak dan tidak akan menyangkal keberlakuan dan keabsahan dari komunikasi dan instruksi elektronik yang disampaikan oleh Pengguna melalui Bangbeli, sebagai bukti otentik;

  12. Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan setuju bahwa layanan yang disediakan melalui Bangbeli disediakan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”, tanpa adanya jaminan dari Bangbeli bahwa layanan yang disediakan melalui Bangbeli sesuai untuk tujuan atau kebutuhan tertentu dari pelanggan. Dalam hal ini, Bangbeli tidak memberikan jaminan bahwa (i) penggunaan Bangbeli dapat memenuhi seluruh kebutuhan Pelanggan, (ii) Bangbeli akan tersedia terus menerus tanpa gangguan/error, (iii) setiap   ketidaksesuaian   dalam   aplikasi   Bangbeli   akan diperbaiki untuk memenuhi keinginan Pengguna. Namun Bangbeli tetap akan berusaha sebaik-baiknya dan sewajarnya untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi Pengguna.

XVII. Lain-Lain

  1. Syarat dan Ketentuan ini tunduk dan diatur serta dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia;

  2. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan maka Bangbeli dan Pengguna setuju untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalan musyawarah. Dalam hal musyawarah mufakat tidak tercapai maka Pengguna dapat juga menyampaikan keluhan melalui badan atau lembaga penyelesaian sengketa atau kepada Bank Indonesia. Apabila cara-cara tersebut diatas tidak berhasil dilakukan  maka selanjutnya perselisihan akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan;

  3. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terdapat ketidaksesuaian diantara keduanya, maka Bangbeli dan Pengguna setuju untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang mengikat;

  4. Bangbeli, termasuk nama dan logo, kode, desain, teknologi dan formula bisnisnya, dilindungi oleh suatu hak cipta, merek, paten dan hak atas kekayaan intelektual lainnya serta tunduk pada hukum dan peraturan perundang- undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Bangbeli (dan pihak-pihak yang terkait dengan perizinan Bangbeli, jika ada) memiliki semua hak dan kepentingan Bangbeli terkait hak atas kekayaan intelektual yang mengikutinya. Syarat dan Ketentuan ini tidak mengakibatkan beralihnya atau memberikan hak bagi Pengguna untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual Bangbeli dalam arti yang seluas- luasnya terhadap hak-hak atas kekayaan intelektual sebagaimana disebutkan di atas;

  5. Kegagalan atau tertundanya Bangbeli dalam mengambil tindakan langsung, mengenakan sanksi, atau melaksanakan hak atau kewajiban Bangbeli, dan/atau mengajukan gugatan atau tuntutan terhadap pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, tidak menghapuskan kewajiban Pengguna dan bukan merupakan suatu pengesampingan atas hak Bangbeli untuk mengambil tindakan apapun yang diperlukan di kemudian hari.

  6. Pengguna dilarang dan/atau tidak dapat mengalihkan hak dan kewajibannya dalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Bangbeli berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Bangbeli semata. Pengalihan seluruh atau sebagian Saldo Bangbeli yang dilakukan oleh Pengguna kepada pihak lain manapun, bukan merupakan pengalihan atau suatu bentuk pengalihan rekening atau akun Bangbeli;

  7. Jika terdapat suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku baik sebagian maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Syarat dan Ketentuan ini danatas syarat dan ketentuan lain tetap berlaku dan mengikat;

  8. Syarat dan Ketentuan ini baik sebagian maupun seluruhnya termasuk fitur atau layanan yang ditawarkan oleh Bangbeli dapat diubah, diperbaharui, dan/atau ditambah dari waktu ke waktu dengan berdasarkan kepada kebijakan yang berlaku di Bangbeli. Setiap perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan diinformasikan kepada Pengguna.

  9. Pengguna dengan ini mengetahui dan memberikan persetujuan kepada Bangbeli untuk menggunakan data pribadi/informasi Pengguna pada fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Bangbeli untuk pengembangan jenis/model layanan dan penggunaan aplikasi Bangbeli, dengan tetap memperhatikan ketentuan Kebijakan Privasi serta ketentuan perundang- undangan yang berlaku. Penggunaan secara berkelanjutan atas aplikasi Bangbeli merupakan persetujuan dan penerimaan Pengguna kepada Bangbeli untuk menggunakan data pribadi/informasi Pengguna pada fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Bangbeli, dengan tetap memperhatikan ketentuan Kebijakan Privasi serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna dapat menarik persetujuannya tersebut dengan menghubungi Layanan Pengguna (Customer Service) Bangbeli dan Pengguna setuju untuk memberikan informasi dan/atau data yang diperlukan kepada Bangbeli untuk keperluan verifikasi. Pengguna juga memahami bahwa tindakannya dapat menimbulkan risiko berupa pembatasan penggunaan layanan/fitur aplikasi Bangbeli bagi Pengguna.

  10. Pengelolaan data pribadi Pengguna Bangbeli diatur dalam Kebijakan Privasi (Privacy Policy) dimana Kebijakan Privasi tersebut merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan Syarat dan Ketentuan ini dan karenanya dengan ini menyatakan bahwa Pengguna menerima dan menyetujui Kebijakan Privasi (Privacy Policy) yang terkait;

  11. Transaksi Pengguna yang dilakukan melalui Bangbeli disimpan secara otomatis pada server Bangbeli. Pengguna mengakui dan memahami bahwa Bangbeli dengan upaya terbaiknya telah menjaga keamanan sistemnya. Namun demikian, dalam hal terdapat perbedaan atau ketidaksesuaian antara data, saldo atau catatan Transaksi Pengguna maka Pengguna menyetujui bahwa data, saldo atau catatan Transaksi yang berlaku dan diakui adalah yang dimiliki oleh Bangbeli;

  12. Pengguna memahami bahwa dalam menggunakan Bangbeli, data pribadi dari Pengguna akan dikumpulkan, digunakan maupun diperlihatkan sehingga Pengguna dapat menikmati layanan Bangbeli secara maksimal.

  13. Pengguna dapat menghubungi Layanan Pengguna (Customer Service) Bangbeli atau masuk ke dalam aplikasi dan situs web Bangbeli untuk mengetahui informasi sehubungan dengan layanan Bangbeli;

  14. Pengguna akan menerima pemberitahuan mengenai layanan atau promosi terbaru dari Bangbeli melalui media komunikasi pribadi atau melalui aplikasi Bangbeli. Bila Pengguna keberatan untuk menerima pemberitahuan tersebut maka Pengguna dapat menghubungi Layanan Pengguna (Customer Service) Bangbeli.

XVIII. Ketentuan Penutup  

Pengguna mengerti dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol daftar atau tombol masuk atau menandai kotak persetujuan saat akan mengakses Bangbeli merupakan persetujuan Pengguna untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Bangbeli sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan aplikasi Bangbeli oleh Pengguna.

Bangbeli dapat mengalihkan hak Bangbeli berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dengan memberikan informasi dan/atau pemberitahuan (notifikasi) kepada Pengguna.

 

Berita
Share to :